Friday, February 22, 2019

Hasil Penarikan Electrowinning CV.UMi


TEMBAGA

Tembaga merupakan logam kemerahan yang memiliki struktur kristal kubik. Meskipun jumlahnya cukup melimpah, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa saja kegunaan tembaga. Tembaga memiliki tekstur yang lebih lembut daripada seng. Logam ini dapat di tempat dengan mudah dan sangat cocok dijadikan sebagai konduktor listrik dan juga panas.


Sekedar informasi, tembaga mempunyai reaktivitas kimia yang tergolong rendah. Ketika diletakkan pada udara yang lembab, selaput permukaan berwarna kehijauan akan muncul secara perlahan. Selaput ini dikenal dengan nama patina. Dimana fungsinya adalah melindungi logam.


Untuk bisa menghasilkan tembaga, proses yang dilakukan adalah flotasi atau pengapungan busa. Tujuannya adalah untuk memekatkan semua bjji tembaga yang dibutuhkan. Tahapan selanjutnya adalah pemanggangan dan terakhir pencetakan.




Hasil Tarikan Electrowinning 

300 Ampere


Ketebalan Tembaga 0,8 mm



Stainless Steel 304






Beberapa Kegunaan Tembaga dalam Kehidupan Manusia 


Tembaga adalah senyawa yang memiliki peranan cukup besar dalam kehidupan manusia. Kebanyakan orang mengira bahwa semua tembaga memiliki bentuk yang keras. Namun sebenarnya, tembaga bisa diolah menjadi zat lain yang memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaatnya adalah menghilangkan belerang yang tercampur dengan minyak. Selain itu, masih ada banyak manfaat tembaga yang jarang diketahui orang. Apa saja sebenarnya kegunaan tembaga? Di bawah ini adalah beberapa diantaranya. 



1. Bahan Pembuat Uang Logam 

Seperti yang diketahui bahwa uang adalah benda yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Uang sendiri dibedakan menjadi dua yakni uang kertas dan uang logam. Tahukah Anda bahwa ternyata, salah satu bahan logam yang digunakan untuk membuat uang koin adalah tembaga. 

2. Menghantarkan Panas dengan baik 

Manfaat tembaga lainnya adalah sebagai penghantar panas. Anda tentunya pernah masuk ke dalam toko listrik bukan? Di toko tersebut, ada banyak sekali alat elektronik yang menggunakan tembaga sebagai salah satu bahan pembuatannya. Beberapa diantaranya adalah setrikaan, kipas angin, dan lain sebagainya. 

3. Pewarna 

Kegunaan tembaga selanjutnya adalah sebagai pewarna. Tembaga yang dijadikan pewarna memiliki warna yang biru. Kode senyawanya adalah CuSO4. Mungkin Anda pernah atau sering melihat pewarna ini. Hanya saja memang tidak banyak orang tahu bahwa bahan pembuatnya adalah tembaga. 

4. Bahan Pembuat Perhiasan 

Seperti yang diketahui bahwa dalam jual beli perhiasan, tidak semua perhiasan terbuat dari emas. Karena banyak perhiasan yang dicampur dengan perunggu atau tembaga. Perhiasan yang dicampur dengan tembaga biasanya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi tidak mengherankan apabila emas yang terbuat dari campuran tembaga ini memiliki banyak sekali peminat. 

5. Pembuatan Sutera 

Sudah menjadi rahasia umum jika kain sutera memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Tapi bayak orang yang tidak tahu bahwa ada banyak industri pembuatan kain sutera yang menggunakan tembaga sebagai salah satu bahannya. Tembaga yang digunakan dalam pembuatan sutera akan dicampurkan dengan senyawa NH4OH. 

6. Pembunuh Hama dan Serangga
Kegunaan tembaga yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah membunuh hama sekaligus serangga. Jika Anda melihat komposisi pestisida atau obat kimia lain yang berfungsi untuk membunuh hama dan juga serangga, maka akan diketahui bahwa salah satu bahan pembuatannya adalah tembaga. 
Untuk bisa membunuh serangga, maka tembaga dicampurkan dengan Ca(OH)2. Obat ini biasanya dibutuhkan oleh para petani dalam merawat tanamannya agar terhindar dari hama dan juga serangga. 


Itulah tadi beberapa kegunaan tembaga yang sangat dekat dengan kehidupan dan aktivitas manusia. Kini, Anda sudah tidak bingung lagi tentang apa saja manfaat dari tembaga bukan? 


Salam Petambang Indonesia



Kontak Perusahaan

Nama: Lukman Hakim [Direktur/CEO/Manajer Umum]
E-mail: Maulachella@gmail.com
Nomor Ponsel: 082332998000 / 081217333345
Alamat: 
Ngunut, Tulung Agung Jawa Timur, Indonesia
Jl. Pacitan Kulon Lingkungan 3 Rt 3 Rw 3 no.3

No comments:

Post a Comment

Mini Shaking Table 2021

 Mini Shaking Table / Meja Goyang Mini Fungsi Shaking Table / Meja Goyang adalah memisahkan konsentrat dengan pengotor contoh: memisahkan ko...